Berbanggalah Kamu dengan Nama Intan

Pernah mendengar nama Intan? Intan biasanya digunakan untuk nama perempuan. Di Indonesia sendiri nama Intan sudah banyak sekali yang memakai. Sampai banyak orang bilang bahwa nama Intan itu nama yang pasaran. Pernah ada yang menghitung di sekolahmu ada berapa nama Intan? Sepanjang saya bersekolah, ujung-ujungnya pasti ada saja yang kembar. Bukan di sekolah saja, di kampung, di perusahaan saya bekerjapun ada yang namanya Intan. Sehingga salah satu orang pasti ada yang mengalah supaya nama panggilannya diganti.

Berbagai macam orang tua yang menamakan anaknya Intan, pasti karena disertai alasan pribadi. Ada yang menamakan karena melihat Intan seperti berlian. Ada yang menamakan Intan karena dia melihat temannya yang bernama Intan itu cantik, dan ada pula yang menamakan Intan karena diambil dari potongan namanya sendiri. Seperti mama saya yang namanya Indah, sehingga anaknya juga berawalan in~, jadilah Intan. 

Sepanjang saya hidup, banyak yang memberi tahu arti nama Intan. Mereka katanya menyukai nama saya karena sebuah alasan. Contohnya guru Geografi saya di SMPN 9 Malang, beliau pernah mengatakan di sela-sela pelajaran bahwa Intan adalah batu atau logam mulia yang sangat istimewa karena kandungan karbonnya berbentuk kristal yang sangat cantik, mengkilap, serta banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menurutnya ada 3 macam batu Intan yang bisa dikaitkan dengan nama saya.

Pertama, Intan yang masih jadi batu. Batu biasa yang masih tidak berharga karena belum dipoles dan diolah. Batu Intan ini jika diibaratkan dengan nama Intan. Maka Intan yang tidak dibenahi dengan akhlak yang mulia, dibekali ilmu yang bermanfaat, makan Intan ini akan selamanya menjadi orang yang biasa, tidak bermanfaat dan tidak bisa dikenal oleh masyarakat. 

Kedua, Intan yang sudah diasah menjadi sebuah bongkahan berlian akan sangat disenangi banyak orang, banyak digunakan menjadi berbagai perhiasan indah sepeti cincin, kalung, anting-anting dan gelang. Bahkan harganya sangat mahal daripada emas. Sama seperti batu Intan, orang yang namanya Intan jika belajar dengan rutin, dibekali ilmu-ilmu yang bermanfaat, dibekali dengan akhlak yang baik, maka seorang Intan bisa menjadi seorang yang bermanfaat bagi semua orang, bisa populer dan unggul lebih dari siapapun karena kemampuannya dan bernilai bagi keluarga maupun orangtua. 

Ketiga, Intan yang sudah diolah tapi kurang bersinar, masih bisa digunakan untuk mata bor karena sifatnya yang keras. Kata guru Geografiku juga Intan adalah benda paling keras di dunia. Sama halnya Intan yang sudah berusaha keras untuk sesuatu, haruslah sabar dan tabah menghadapi ujian. Menghadapi sesuatu masalah harus setegar batu Intan yang kuat. Karena kerasnya batu Intan seringkali seorang yang mempunyai nama Intan termasuk ke dalam golongan pekerja keras dan tidak mudah menyerah untuk mencapai cita-citanya. 

Begitulah seorang Intan yang dikatakan oleh Guru SMP yang masih saya ingat hingga sekarang. Ada juga nasehat dari seseorang yang kenal bahwa Intan dan Berlian itu sering digunakan untuk hadiah seorang laki-laki kepada seorang perempuan yang dicintainya. Hal ini bukan bermaksud untuk pamer kekayaan tapi karena mitosnya berlian adalah lambang cinta abadi bagi kedua pasangan. Makna Intan menurut pernyataan diatas, Intan yang baik adalah  Intan yang setia pada pasangannya sehingga cintanya bisa kekal abadi seperti batu berlian. 

Intan juga barang yang berharga dan bernilai tinggi. Harganya bisa sampai milyaran rupiah. Bedanya dengan nama Intan menurut orang tua saya yaitu Intan ialah orang yang sangat berharga bagi kedua orang tuanya, buah cinta yang tak ternilai harganya dan tidak bisa tergantikan dengan uang. Jadi berbanggalah mempunyai nama Intan karena orangtua anda sangat menyayangi dan mencintai anda. Jangan lupa berterima kasih kepada mereka karena telah memberi nama yg sangat indah ini dan jangan lupa berbakti kepadanya. :)

Comments

Popular posts from this blog

Surabaya, Rumahku yang Kedua

Tips Memelihara Kucing yang Baik